Circular Economy

6 Laporan dari Resource Management Task Force ISWA

Potensi manajemen sumberdaya yang efektif khususnya ekonomi sirkular dalam mendorong pertumbuhan ekonomi telah menjadi pembahasan global di seluruh dunia.

Kebijakan lingkungan nasional untuk mengurangi landfill dan emisi gas landfill tengah beralih menjadi kebutuhan untuk mengevaluasi proses industri. Industri waste didorong untuk menemukan market baru untuk secondary raw materials seiring dengan larangan dan pembatasan landfill di negara-negara maju (OECD).

Implikasi yang terjadi dari perubahan ini terlihat dari peningkatan global terhadap pencarian pasar secondary raw materials. Pola baru perdagangan global muncul untuk kertas, plastik, dan tekstil daur ulang, serta bahan bakar berbasis sampah, terlepas dari harga komoditas yang sangat fluktuatif. Seiring dengan resiko suplai material bahan baku yang semakin nyata, pemerintah dan bisnis melakukan pendanaan riset untuk mengubah operasi bisnis model saat ini menjadi investasi yang aman dalam teknologi pengolahan yang baru.

Menanggapi tantangan ini, ISWA membentuk unit khusus yaitu Task Force on Resource Management pada Juni 2014. Tim ini telah menyusun kajian terhadap tren yang terjadi dan rangkaian laporan untuk membantu merespon tantangan yang dihadapi oleh industri waste.

Laporan Final tersebut saat ini telah tersedia dan dapat diakses oleh public secara gratis.

Bagian 1: Tren dan Pemikiran Yang Mengemuka

Mendiskusikan faktor kunci yang menjadi penggerak sektor bisnis dan pemerintahan mengevaluasi pola ekonomi linear dan dampaknya terhadap industri waste.

Bagian 2: Siklus, Loop, dan Cascade

Mengkaji manfaat dan batasan daur ulang, perannya dalam ekonomi sirkular dan memperkenalkan pemanfaatan cascade

Bagian 3: Menutup Loop

Membahas permasalahan terkait menutup material loops melalui pertimbangan yang mendalam terhadap daur ulang polypropylene dan kertas & board.

Bagian 4: Karbon, Nutrients, dan Tanah

Penjelasan mengenai daur ulang karbon dan nutrients tanaman dalam sampah organic untuk memanfaatkan sumber daya, mengurangi dampak lingkungan, dan mengganti bahan bakar berbasis fosil.

Bagian 5: Energi dan Bahan Bakar

Investigasi potensi pemulihan energi dan bahan bakar dari waste dan kontribusi pemulihan energi  tersebut dalam ekonomi sirkular.

Bagian 6: Sumber Daya dan Peluang

Merangkum temuan utama dari lima laporan investigatif yang disusun oleh Task Force dan mendeskripsikan kontribusi sektor pengelolaan sampah terhadap manajemen sumber daya dan ekonomi sirkular.